بسم الله الرحمن الرحيم
فى عجائب القلب
وهو الأول من ربع المهلكات
KEAJAIBAN HATI
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إِنَّ فِي ابْنِ آدَمَ مُضْغَةً إِذَا صَلُحَتْ صَلُحَ سَائِرُ جَسَدِهِ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ جَسَدِهِ ، وَهُوَ الْقَلْبُ ،
Rasulullah Saw. Bersabda :
“ Sesungguhnya dalam tubuh anak Adam terdapat segumpal daging. Apabila ia baik, baiklah seluruh tubuh, ia adalah hati.”
فقد تبين بهذا الحديث أن الأصل هو القلب وهو الأمير المطاع فى عالم الجسد والبقية رعية
Telah
jelas dengan hadis ini bahwa pokoknya adalah hati dan ia bagaikan
pemimpin yang ditaati di dalam tubuh dan lainnya adalah rakyat.
ونحن نبين معنى القلب والروح والنفس والعقل
A. Hati, Roh, Jiwa dan Akal
فالأوّل لفظ القلب وهو يطلق لمعنيين
أحدهما : اللحم الصنوبري الشكل المودع في الجانب الأيسر من الصدر ، وفى باطنه تجويف يسكنه دم أسود ،وهو منبع الروح ومعدنها وهذا اللحم على هذا الشكل أيضا موجود للبهائم و للميتى
1. Hati
Lafal al-qalbu bisa ditetapkan untuk dua arti. Pertama, daging yang terdapat di dalam dada disebelah kiri dan didalam rongganya berisi darah hitam. Ia adalah sumber roh dan tempat tinggalnya. Daging dalam bentuk ini juga terdapat pada hewan dan orang mati.
والمعنى الثاني هو لطيفة ربانية روحانية لها بهذا اللحم اتصال ما، وهذه اللطيفة هي العالة بالله تعالى المدركة لما ليس يدركه الخيال والوهم وهوحقيقة الإنسان وهو المخاطب وإلى هذا المعنى أشار بقوله تعالى : إن فى ذلك لذكرى لمن كان له قلب ، ولو كان المراد بالقلب هو اللحم الصنوبري الشكل ، لكان موجودا لكل أحد
Kedua, ia adalah bisikan Rabbaniah Ruhaniah
yang mempunyai suatu hubungan dengan daging ini. Bisikkan inilah yang
mengenal Allah Ta’ala dan memahami apa yang tak dapat dijangkau oleh
khayalan dan angan-angan, dan itulah hakikat manusia dan dialah yang
diseru. Makna ini ditunjukkan oleh firman Allah Ta’ala : “ Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai akal.” (QS. Qaaf:37) Andaikata yang dimaksud dengan al-qalbu disini adalah jantung, tentulah ia terdapat pada setiap orang.
فإذا عرفت هذا فاعلم أن تعلق هذه اللطيفة بهذا اللحم الصنوبري هو تعلق غامض لا يدرك بالبيان بل يتوقف على المشاهدة والعيان . والذى يمكن أن يذكر فيه أنه كالملك وهذا اللحم له كالدار والمملكة إذ لو كان تعلقه به تعلق الأعراض
فإذا عرفت هذا فاعلم أن تعلق هذه اللطيفة بهذا اللحم الصنوبري هو تعلق غامض لا يدرك بالبيان بل يتوقف على المشاهدة والعيان . والذى يمكن أن يذكر فيه أنه كالملك وهذا اللحم له كالدار والمملكة إذ لو كان تعلقه به تعلق الأعراض
لما صح فيه أن يقال : وأنه يحول بين المرء وقلبه
Apabila engkau ketahui ini, maka ketahuilah bahwa kaitan bisikan ini dengan daging ini adalah kaitan yang tersamar, tidak dapat terjangkau dengan penjelasan, tetapi tergantung pada penyaksian. Hanyalah dapat dikatakan bahwa bisikan (hati) itu seperti raja dan daging ini seperti gedung dan kerajaan, karena kalau hubungannya seperti halnya benda-benda, tentulah tidak bisa dikatakan, “Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya.” (QS. Al-Anfaal : 24).
أحدهما الروح الطبيعي وهو دخان منبعه دم أسود فى تجويف القلب وهو اللحم الصنوبري و ينتشر بواسطة العروق والضوارب فى جميع أجزاء البدن ومثاله كسراج في بيت إذ يستضاء فى جميع زوايا البيت به ، وهو الذى يريده
الأطباء بإطلاق الروح
2. Roh
Roh mempunyai dua arti : Pertama,
roh alami (nyawa), yaitu asap yang sumbernya adalah darah hitam di
rongga jantung, yaitu daging sanubari dan tersebar melalui urat-urat di
seluruh bagian badan. Perumpamaannya adalah seperti lampu di dalam
sebuah rumah, karena ia menerangi seluruh sudut rumah. Itulah yang dimaksud
para dokter dengan nyawa.
المعنى الثاني هي اللطيفة الربانية التي هي معنى حقيقة القلب ، فالروح والقلب متواردان على تلك اللطيفة على نسق واحد وإليه الإشارة بقوله تعالى في مثلها { ويسألونك عن الروح قل الروح من أمر بى
Kedua, ialah bisikan Rabbani yang merupakan makna hakikat hati. Roh (nyawa) dan jantung (hati) mempunyai persamaan dengan arti biskkan itu. Itulah yang dimaksud dengan firman Allah Ta’ala, “Dan mereka bertanya tentang roh, katakanlah : Roh itu termasuk urusan Tuhanku.” (QS. Al-Isra’:85)
اللفظ الثالث : النفس ولها معنيان أحدهما :
المعنى الجامع لقوة الغضب والشهوة ، والصفات المذمومة. وهو المراد بقوله عليه السلام :أعدى أعدائك نفسك التى بين جنبيك ، وهى المجاهدة والمأمور بكسرها
المعنى الجامع لقوة الغضب والشهوة ، والصفات المذمومة. وهو المراد بقوله عليه السلام :أعدى أعدائك نفسك التى بين جنبيك ، وهى المجاهدة والمأمور بكسرها
3. Nafsu
An-Nafs (nafsu) mempunyai dua arti . Pertama, arti yang mencakup kekuatan amarah dan syahwat serta sifat-sifat tercela. Itulah yang dimaksud dengan sabda Nabi Saw., “ Musuhmu yang paling jahat ialah nafsu yang berada di rongga badanmu.” Nafsu inilah yang harus diperangi dan disuruh mematahkannya.
المعنى الثانى لها : اللطيفة الربانية التي هي إحدى معنى الروح والقلب والنفس أيضا ، مع لفظ القلب والروح مطلقة على تلك اللطيفة وهى حقيقة الإنسان التى يتغير بها عن سائر الحيوانات فإذا صفت وتحلت بذكر الله تعالى محي عنها آثار الشهوات والصفات المذمومة وسميت النفس المطمئنة ، وهى المرادة بقوله تعالى : ( ياأيها النفس المطمئنة ) الآية ، والنفس قبل أن تنتهي إلى هذه الدرجة لها درجتان باعتبار صفاتها أحدهما
Kedua, bisikan Rabbani yang merupakan salah satu makna roh, hati, dan jiwa pula.
ia
adalah hakikat manusia yang membedakannya dari hewan-hewan lainnya.
Apabila menjadi jernih dan terang dengan menyebut nama Allah Ta’ala,
terhapuslah darinya pengaruh-pengaruh syahwat dan sifat-sifat tercela
dan dinamakan jiwa yang tenang. Itulah yang dimaksud dengan firman Allah
Ta’ala,” Yaa ayyatuhan nafsul muthmainnah (hai jiwa yang tenang).” (QS. Al-Fajr:27)
sebelum mencapai derajat ini, ia mempunyai dua derajat menurut sifat-sifatnya.
أن
تسمى النفس اللوامة وهى التى أقسم الله تعالى بها فى قوله تعالى : {ولا
أقسم بالنفس اللوامة} وهى التى تلوم على المعاصي ولا تركن إليها ولاترضى
بها . و قبل أن تنتهي إلى هذه الدرجة لها درجة ، وهى أن تكون أمارة بالسوء
كما قال الله تعالى : { إن النفس لأمارة بالسوء} وهي فى حالة لاتأمر بالخير
وتلوم على الشر ، وهى حصيص النفس والمطمئنة سماكها واللوامة بينهما لا هى
ترضى بالشر فتركن إليه ولا تستطيع الا طمئنان فتطمئن إلى الخير وهو ذكر
الله تعالى
Yang satu dinamakan an-nafsul lawwaamah. Inilah jiwa yang digunakan Allah Ta’ala untuk bersumpah dalam firman-Nya, “Wa laa uqsimu nafsil lawwaamah (Dan aku bersumpah demi jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri).” (QS. Al-Qiyamah : 2)
sebelum mencapai derajat ini, ia mempunyai derajat, yakni selalu menyeluruh kepada kejahatan sebagaiman firman Allah Ta’ala, Innafsa Ia ammaarotun bis suu’ (Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan). (QS. Yusuf : 53) Ia dalam keadaan tidak menyuruh berbuat kebaikan dan tidak menyalahkan kejahatan. Ia adalah dasar nafsu dan nafsul muthmainah adalah atapnya, sedangkan lawwammah di antara kaduanya. Ia tidak rela dengan kejahatan dan tidak dapat tenang kepada kebaikan, yaitu mengingat Allah Ta’ala.
اللفظ الرابع : العقل وقد ذكر له عدة معان أحدها العلم وبحقائق الأشياء
.
4. Akal
Telah disebutkan baginya sejumlah makna. Pertama,mengetahui hakikat segala sesuatu.
والثاني: العالم الذى يكون العلم
له كالصفة وهذا المعنى هو اللطيفة الربانية التى سبق ذكرها ، إذا لايمكن
أن يكون المراد بالعقل المعنى الأول لقوله صلى الله عليه وسلم : ( أول ما
خلق الله تعالى العقل ثمّ قال له أقبل فأقبل ثمّ قال له أدبر فأدبر )
الحديث
Kedua, orang
alim yang ilmunya seperti sifat dan makna inilah yang dimaksud dengan
bisikan Rabbani, karena tidak mungkin dimaksudkan dengan akal itu makna
yang pertama.
Nabi Saw. Bersabda, ” Yang pertama diciptakan Allah Ta’ala adalah akal.” kemudian Allah berkata kepadanya, ” Datanglah, maka ia datang.” Kemudian Allah berkata, ”Pergilah,” maka ia pergi.
فإذا تبين لك أن القلب والروح والنفس فى الأخبار والايات المراد منها ، هى اللطيفة الربانية ، ونحنإذا أطلقناها أردنا بها تلك فاعلم ذلك
Apabila
telah jelas bagimu bahwa hati dan akal, roh dan jiwa dalam kabar-kabar
dan ayat-ayat yang dimaksud dengannya adalah bisikan Rabbani dan apabila
kita sebutkan secara mutlak, maka kita maksudkan begitu.
وقال سهل التستري : القلب هو العرش والصدر هو الكرسي وهو يدل أيضا على أن المراد عنده من القلب شيئ وراء اللحم الصنوبري
Sahl At-Tastari berkata, ” Hati
itu bagaikan Arsy, dan dada adalah Kursinya. Hal itu menunjukkan pula
bahwa yang dimaksud olehnya dengan hati adalah sesuatu di balik daging
sanubari itu.”
Tidak ada komentar :
Posting Komentar